Solusi untuk PLN

PLN kok matiin listrik seenaknya, gak ada angin gak ada hujan. Giliran kita yang telat bayar-didenda, tapi kalau PLN matiin listrik gak ada yang denda tuh!. Dunia tidak adiiiil. Hehehe….“. Setidaknya itu yang terucap dari mulut saya saat ini. Tapi okelah, tidak baik juga mengeluh dan mencaci maki PLN tanpa memberikan solusi yang baik dan benar.

Seminggu terakhir ini PLN sering memadamkan aliran listriknya secara bergilir, setidaknya itu terjadi di kota tempat tinggal saya sekarang-Sukabumi. Pihak PLN beralasan pemadaman listrik dilakukan karena adanya defisit pasokan listrik, bahkan kabarnya krisis listrik ini akan tetap terjadi sampai tahun 2010.

Mungkin kita masih ingat mengenai kiprah Ibu Uni yang dengan tangannya mampu membuat generator listrik dari aliran sungai. Bekerjasama dengan warga sekitar, Ibu Uni telah berhasil melepaskan ketergantungan pasokan listrik dari PLN bahkan berhasil menjualnya. Belakangan ada juga yang telah membuat bahan bakar alternatif pengganti minyak tanah dan gas. Seperti pengolahan kotoran sapi dan limbah eceng gondok menjadi gas, pemanfaatan sinar matahari untuk memasak.

Jika kita cermati lebih jauh, ternyata bangsa ini mempunyai aset orang-orang kreatif yang tersebar di berbagai penjuru tanah air. Sebut saja Adi Chandra penemu motor angin, Den Mas Sugeng pembuat kaki palsu dan masih banyak lagi. Seharusnya orang-orang seperti mereka diikut sertakan dalam pencarian solusi bangsa ini.

Defisit listrik yang terjadi saat ini merupakan sebuah bukti ketidakmampuan PLN sebagai satu-satunya penjual listrik yang langsung ke masyarakat. Saya tidak meragukan kemampuan PLN dalam mengelola sumberdayanya, namun ada baiknya juga PLN menggerakan masyarakat untuk secara mandiri membuat sumber listrik sendiri.

PLN bisa bekerjasama dengan orang-orang seperti Ibu Uni untuk membuat pembangkit listrik skala kecil. Jika pembangkit listrik skala kecil ini tersebar di berbagai daerah, maka pemerintah tidak akan terbebani lagi oleh subsidi listrik yang sudah berlangsung lama ini.

Ada yang mempunyai solusi lain?

3 thoughts on “Solusi untuk PLN

  1. mati listrik tu sebenarnya juga karna gangguan kadang juga bukan kehendak PLN,siapa sih yang tau kalau akan ada petir or pohon tumbang,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>