Solusi Kenaikan BBM

Pemberlakuan kenaikan BBM semakin dekat (menurut pemerintah akhir mei ini), Besaran kenaikannya berkisar 25 persen sampai 30 persen. Apakah yang Anda lakukan? menggerutu, mencaci maki pemerintah atau Anda mengumpulkan massa untuk berdemo di depan istana dan gedung DPR/MPR?

Apapun yang Anda lakukan itu semua hak Anda. Namun saya ingin bertanya, apakah semua itu bermanfaat bagi kita? apakah dengan gerutuan, cacian dan makian akan menurunkan BBM?

Kalau boleh saya bantu jawab, itu semua tidak akan membuat harga BBM kita turun kembali, terlebih lagi tidak akan menyelesaikan masalah bangsa ini, bahkan menambah masalah.

Pertanyaan selanjutnya adalah apa yang harus kita lakukan?
Pertama, saya menyarankan untuk bersyukur. Maksudnya bukan bersyukur atas kenaikan BBM, tapi kita bersyukur karena masih bisa menikmati BBM, kita masih bisa menggunakan kendaraan dengan semestinya, bersyukur karena kita masih bisa makan dan ribuan alasan syukur lainnya. Kita masih ingat ada beberapa daerah di Indonesia yang masih kelaparan.

Kedua, ada beberapa kelompok masyarakat yang menjawab kenaikan BBM ini dengan kreatifitas, mereka melakukan berbagai cara untuk mencari solusi. Diantaranya beberapa kelompok masyarakat di Garut yang memproses kotoran sapi menjadi gas yang digunakan untuk memasak, di daerah lain ada orang yang memanfaatkan panas sinar matahari sebagai pengganti minyak tanah dan gas elpiji, sebagian warga Jakarta yang merasa perlu untuk mengurangi polusi udara sekaligus menghemat BBM menggunakan sepeda ke tempat kerjanya.

Solusi seperti itu yang diperlukan bangsa ini, coba perhatikan!, mereka yang menjawab kenaikan BBM dengan solusi tidak merepotkan siapapun, bahkan memberikan imbas yang positif kepada kita semua.

Hidup akan lebih indah, nyaman, aman dan tentram dengan bersyukur. Hidup ini akan terasa sumpek dan sempit jika hanya diisi dengan keluhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>